Universitas Ma’arif Lampung (UMALA) kembali mencatatkan prestasi gemilang dalam pengembangan kapasitas kelembagaan dengan berhasilnya sembilan dosen tetap meraih jabatan akademik Lektor Kepala. Capaian ini menjadi langkah strategis dalam memperkuat daya saing institusi di ranah pendidikan tinggi nasional maupun internasional.
Adapun sembilan dosen yang kini menyandang jabatan Lektor Kepala antara lain:
Dr. H. Mispani, M.Pd.I (Program Pascasarjana S2 Pendidikan Agama Islam)
Dr. Agus Setiawan, M.H.I (Program Pascasarjana S2 Hukum Keluarga Islam)
Dr. A. Muslimin, Lc., M.H.I (Program Pascasarjana S2 Hukum Keluarga Islam)
Dr. Muhammad Yusuf, M.Pd.I (Program Pascasarjana S2 Manajemen Pendidikan Islam)
Dr. Jaenullah, M.Pd (Program Pascasarjana S2 Pendidikan Agama Islam)
Dr. Muhammad Syaifullah, M.Pd.I (Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab)
Dr. Muhammad Agus Mushodiq (Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Arab)
Dr. Habib Shulton Asnawi, S.H., S.H.I., M.H (Program Studi S1 Hukum Keluarga Islam)
Hanif Amrulloh ZA, M.Si (Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah)
Jabatan Lektor Kepala merupakan jenjang penting dalam karier akademik dosen, yang mencerminkan kualitas dalam pengajaran, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat. Posisi ini juga menjadi pintu gerbang menuju jenjang Guru Besar, dan menjadi indikator penting dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi.
Rektor UMALA, Dr. H. Mispani, M.Pd.I, menyampaikan bahwa pencapaian ini merupakan bagian dari komitmen universitas dalam mewujudkan visi menjadi institusi yang Unggul, Berwawasan Global, dan Berkarakter Islam Ahlussunnah Wal Jama’ah An-Nahdliyyah. “Semakin banyak dosen kami yang mencapai jabatan Lektor Kepala menunjukkan keseriusan UMALA dalam membangun kualitas akademik yang seimbang antara ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keislaman yang moderat,” ujar beliau.
Lebih jauh, pencapaian ini juga menempatkan UMALA sebagai perguruan tinggi dengan jumlah Lektor Kepala terbanyak di lingkungan Kopertais Wilayah XV, yang menunjukkan peran aktif UMALA dalam peningkatan mutu tenaga pengajar di wilayah tersebut.
Ke depan, UMALA berkomitmen terus mendorong peningkatan kapasitas dosen, menciptakan atmosfer akademik yang kondusif, serta menghasilkan lulusan yang tak hanya kompeten secara intelektual, namun juga memiliki karakter dan integritas yang tinggi. Transformasi berkelanjutan ini diharapkan dapat menjadikan UMALA sebagai kampus rujukan dalam mencetak generasi unggul yang mampu berkiprah di kancah global tanpa kehilangan akar nilai-nilai lokal dan religiusitas.